20+ Panduan Lengkap Obat Penggugur Kandungan Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Aborsi

Apa itu obat penggugur kandungan / pil aborsi?

Obat Aborsi – juga biasa disebut pil penggugur kandungan – adalah cara yang aman dan efektif untuk mengakhiri kehamilan dini.

Pil aborsi sebenarnya adalah dua obat. Obat pertama mengakhiri kehamilan dan diberi nama mifepristone. Ini bekerja dengan cara memblokir hormon progesteron. Tanpa progesteron, lapisan rahim rusak dan kehamilan tidak dapat berlanjut.

Obat kedua, misoprostol membuat kontrak rahim, menyebabkan kram, perdarahan, dan hilangnya kehamilan mirip dengan keguguran.

Metode ini biasanya dapat digunakan hingga 24 minggu kehamilan di BPAS. Apa yang diharapkan tergantung pada apakah kehamilan kurang dari atau lebih dari 10 minggu kehamilan.

Bagaimana Cara Kerja Obat Penggugur Kandungan?

Pil aborsi adalah nama umum untuk menggunakan dua obat yang berbeda untuk mengakhiri kehamilan: mifepristone dan (cytotec) misoprostol.

obat penggugur kandungan obat aborsi cytotec misoprostol asli jakarta

Pil aborsi menyebabkan kram dan pendarahan yang dapat berlangsung beberapa jam atau lebih. Anda bisa melakukan pengguguran kehamilan di rumah, atau di tempat mana saja yang nyaman untuk Anda.

Pertama, Anda minum pil yang disebut mifepristone. Kehamilan membutuhkan hormon yang disebut progesteron untuk tumbuh secara normal. Mifepristone memblokir progesteron tubuh Anda sendiri, menghentikan pertumbuhan kehamilan.

Obat ini menghentikan pertumbuhan kehamilan. Beberapa orang merasa mual atau mulai berdarah setelah mengonsumsi mifepristone, tetapi itu tidak umum. Dokter atau perawat Anda juga dapat memberi Anda antibiotik untuk mencegah infeksi.

Kemudian Anda minum obat kedua, cytotec misoprostol, baik segera atau hingga 48 jam kemudian. Obat ini menyebabkan kram dan perdarahan mengosongkan rahim Anda. Ini seperti memiliki periode yang sangat berat dan kram, dan prosesnya sangat mirip dengan keguguran awal.

Bagi kebanyakan orang, kram dan perdarahan biasanya dimulai 1-4 jam setelah minum misoprostol. Adalah normal melihat gumpalan darah yang besar (hingga seukuran lemon) atau gumpalan jaringan saat ini terjadi. Ini seperti memiliki periode yang sangat berat dan kram, dan prosesnya sangat mirip dengan keguguran awal. (Jika Anda tidak mengalami pendarahan dalam waktu 24 jam setelah minum obat kedua, misoprostol, hubungi perawat atau dokter Anda.)

Kram dan pendarahan bisa berlangsung selama beberapa jam. Kebanyakan orang selesai melewati jaringan kehamilan dalam 4-5 jam, tetapi mungkin butuh waktu lebih lama. Kram dan perdarahan melambat setelah jaringan kehamilan keluar. Anda mungkin mengalami kram on dan off selama 1 atau 2 hari lagi.

Anda dapat minum obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen sekitar 30 menit sebelum Anda minum obat kedua, misoprostol, untuk membantu mengatasi kram. Anda juga dapat minum obat anti mual jika dokter atau perawat Anda memberikannya kepada Anda. Jangan minum aspirin, karena itu bisa membuat Anda lebih banyak berdarah.

Adalah normal untuk mengalami pendarahan dan bercak selama beberapa minggu setelah aborsi Anda. Anda dapat menggunakan pembalut, tampon, atau cangkir menstruasi – apa pun yang paling nyaman bagi Anda. Tetapi perawat atau dokter Anda mungkin menyarankan Anda menggunakan pembalut untuk beberapa hari pertama setelah aborsi sehingga Anda dapat melacak seberapa banyak Anda mengalami pendarahan.

Jika Anda tidak mengalami pendarahan dalam waktu 24 jam setelah minum obat kedua, hubungi perawat atau dokter Anda.

Dokter atau perawat Anda akan memberikan arahan terperinci tentang di mana, kapan, dan bagaimana cara minum obat. Anda juga mungkin mendapatkan beberapa antibiotik untuk mencegah infeksi.

Langkah terakhir adalah tindak lanjut dengan perawat atau dokter Anda. Anda dapat kembali ke pusat kesehatan untuk menjalani ultrasound atau tes darah. Atau Anda akan mendapatkan tes kehamilan untuk dibawa pulang, diikuti dengan panggilan telepon dengan perawat atau dokter Anda. Tes-tes ini akan memastikan aborsi bekerja dan Anda sehat.

Jika aborsi tidak berhasil dan Anda masih hamil, dokter atau perawat Anda akan mendiskusikan pilihan Anda dengan Anda. Anda mungkin memerlukan dosis obat lain atau memiliki prosedur di klinik untuk menyelesaikan aborsi.

Apakah obat penggugur kandungan efektif ?

Pil aborsi sangat efektif. Efektivitasnya tergantung pada seberapa jauh Anda dalam kehamilan ketika Anda minum obat.

Sekitar 98% klien yang berhasil aborsi saat menggunakan pil. Konsultan kami akan tetap berhubungan dengan Anda selama proses sampai kami yakin bahwa aborsi Anda berhasil dan Anda baik-baik saja.

Untuk orang yang sedang hamil 8 minggu atau kurang, efektifitasnya bekerja sekitar 94-98 dari 100 kali.

Untuk orang yang hamil 8-9 minggu, ia bekerja sekitar 94-96 dari 100 kali.

Untuk orang yang hamil 9-10 minggu, ia bekerja sekitar 91-93 dari 100 kali.

Pil aborsi biasanya berfungsi, tetapi jika tidak, Anda dapat minum lebih banyak obat atau melakukan aborsi di klinik untuk menyelesaikan aborsi.

Kapan saya bisa minum obat penggugur kandungan ?

Anda biasanya bisa mendapatkan aborsi obat hingga 70 hari (10 minggu) setelah hari pertama haid terakhir Anda. Jika sudah 71 hari atau lebih sejak hari pertama haid terakhir Anda, Anda dapat melakukan aborsi di klinik untuk mengakhiri kehamilan Anda.

Apakah pil aborsi menyakitkan?

Klien melaporkan berbagai pengalaman ketika mengambil pil aborsi. Banyak yang membandingkannya dengan pengalaman keguguran dini.

Beberapa orang mungkin mengalami kram yang kuat sementara yang lain mungkin tidak. Beberapa mungkin mengalami mual sementara yang lain tidak. Semua tergantung pada kondisi masing-masing individu.

Banyak yang mengatakan kram mereka memiliki intensitas yang sama dengan kram menstruasi mereka. An da akan mendapatobat penghilang rasa sakit dan anti-mual untuk membantu memastikan pengalaman Anda dapat ditangani.

Kram berarti rahim Anda berkontraksi, dan sebenarnya merupakan pertanda baik bahwa obat tersebut bekerja. Banyak pasien mengatakan itu tidak seberat yang dibayangkan.

Anda mungkin menemukan gumpalan darah kecil atau besar. Kami menyarankan memakai pembalut yang berat, bukan tampon, untuk memantau pendarahan.

Meskipun jarang, ‘terlalu banyak pendarahan’ merembes melalui dua pembalut dalam dua jam. Muntah dan / atau diare juga dapat terjadi.

Bagi kebanyakan orang, aborsi obat terasa seperti keguguran dini. Anda mungkin memiliki:

  • kram dan sakit di perut Anda
  • perdarahan sangat berat dengan gumpalan besar (Jika Anda tidak mengalami pendarahan dalam waktu 24 jam setelah minum obat kedua, misoprostol, hubungi perawat atau dokter Anda.)
  • sakit perut dan muntah (Dokter atau perawat Anda mungkin memberi Anda obat untuk membantu mual.)
  • diare
  • pusing
  • kelelahan
  • demam ringan (99-100 ° F) atau kedinginan pada hari Anda minum misoprostol (Jika Anda demam setelah hari minum pil misoprostol, segera hubungi dokter atau pusat kesehatan Anda.)

Untuk membantu meringankan rasa sakit dan membuat Anda lebih nyaman, Anda dapat:

  • Minum obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen (Advil atau Motrin). Jangan minum aspirin karena dapat memperparah pendarahan Anda.
  • Letakkan bantal pemanas atau botol air panas di perut Anda.
  • Mandi
  • Duduk santai di toilet
  • Mintalah seseorang menggosok punggung Anda.

Apa yang bisa saya harapkan setelah saya minum pil aborsi?

Anda mungkin merasa lelah atau kram selama satu hari atau lebih, dan Anda akan mengalami pendarahan dan bercak untuk sementara waktu. Kebanyakan orang kembali ke kegiatan normal sehari setelah aborsi obat.

Apa yang harus saya lakukan setelah minum pil aborsi?

Pada hari Anda minum obat kedua, rencanakan untuk beristirahat dan berada di tempat yang nyaman. Anda mungkin merasa lelah selama 1 atau 2 hari setelahnya, tetapi Anda akan segera kembali normal.

Anda dapat kembali bekerja, sekolah, mengemudi, dan sebagian besar kegiatan normal lainnya di hari berikutnya jika Anda merasa sanggup melakukannya. Tapi JANGAN melakukan kerja keras atau olahraga berat selama beberapa hari. Anda harus mulai merasa lebih baik dari hari ke hari, tetapi hubungi dokter atau pusat kesehatan jika Anda masih merasa sakit.

Setelah aborsi Anda selesai, kram dan perdarahan akan mereda seiring berlalunya waktu. Anda juga mungkin memiliki payudara yang lembut, dan mereka mungkin mengeluarkan cairan seperti susu. Itu akan berhenti dalam beberapa hari. Mengenakan bra yang pas akan membantu Anda merasa lebih nyaman.

Setiap menggigil, demam, atau mual yang Anda miliki harus hilang dengan cepat. Hubungi dokter atau pusat kesehatan Anda segera jika Anda mengalami mual, muntah, diare, atau demam selama lebih dari 24 jam setelah minum misoprostol (pil kedua). Itu bisa menjadi tanda infeksi.

Dokter atau staf pusat perawatan kesehatan Anda akan memberi Anda petunjuk setelah perawatan tertulis, dan nomor telepon yang dapat Anda hubungi dengan pertanyaan apa pun tentang efek samping pil aborsi atau masalah lain apa pun. Ikuti semua petunjuk dokter Anda selama dan setelah aborsi Anda.

Penting untuk melakukan kunjungan tindak lanjut atau panggilan telepon dengan perawat atau dokter Anda untuk memastikan bahwa aborsi Anda lengkap dan bahwa Anda sehat.

Orang-orang dapat memiliki serangkaian emosi setelah melakukan aborsi. Kebanyakan orang merasa lega, tetapi kadang-kadang orang merasa sedih atau menyesal. Ini sangat normal. Jika suasana hati Anda menghalangi Anda melakukan hal-hal yang biasanya Anda lakukan setiap hari, hubungi dokter atau perawat Anda untuk mendapatkan bantuan. Anda juga dapat memanggil Menghembuskan napas atau Semua Pilihan untuk dukungan emosional gratis, rahasia, dan tidak menghakimi setelah aborsi – tidak peduli bagaimana perasaan Anda.

Bagaimana obat penggugur kandungan akan mempengaruhi menstruasi saya?

Adalah normal untuk berdarah dan menghilang selama beberapa minggu setelah aborsi Anda. Anda dapat menggunakan pembalut, tampon, atau cangkir menstruasi – apa pun yang paling nyaman bagi Anda. Tetapi perawat atau dokter Anda mungkin menyarankan Anda menggunakan pembalut selama beberapa hari setelah aborsi sehingga Anda dapat melacak seberapa banyak Anda mengalami pendarahan.

Aborsi memulai siklus menstruasi baru, jadi haid Anda akan kembali normal 4-8 minggu setelah aborsi.

Seberapa cepat saya bisa berhubungan seks setelah obat penggugur kandungan ?

Anda dapat berhubungan seks segera setelah Anda merasa siap.

Kapan saya dapat mulai menggunakan kontrasepsi setelah minum obat penggugur kandungan ?

Anda dapat memulai metode kontrasepsi baru segera setelah melakukan aborsi obat. Anda dapat hamil dengan sangat cepat setelah aborsi, jadi sebaiknya Anda berbicara dengan perawat atau dokter Anda tentang kontrol kelahiran sesegera mungkin – mereka dapat membantu Anda menemukan metode yang tepat untuk Anda.

Bisakah saya menyusui jika saya minum obat penggugur kandungan ?

Obat-obatan dalam pil aborsi terkadang dapat masuk ke ASI. Tapi biasanya dalam jumlah kecil yang seharusnya tidak mempengaruhi bayi. Anda dapat berbicara dengan perawat atau dokter Anda jika Anda sedang menyusui, dan mereka akan membantu Anda mengetahui apa yang terbaik untuk Anda dan bayi Anda.

Apakah obat penggugur kandungan aman digunakan ?

Sangat aman! obat aborsi telah digunakan oleh ratusan ribu orang di Amerika sejak tahun 2000 dan jutaan orang di seluruh dunia selama lebih dari 20 tahun.

Tidak ada indikasi bahwa pil aborsi mempengaruhi kemampuan seseorang untuk memiliki bayi ketika mereka siap – tidak hamil atau tetap hamil di masa depan dipengaruhi dengan menggunakan pil aborsi.

Apa risiko yang mungkin timbul dari meminum obat penggugur kandungan ?

Obat Aborsi telah digunakan dengan aman di AS selama lebih dari 15 tahun. Komplikasi serius sangat jarang terjadi, tetapi bisa juga terjadi. Ini mencakup :

  • pil aborsi tidak berfungsi dan kehamilan tidak berakhir
  • beberapa jaringan kehamilan tertinggal di dalam rahim Anda
  • gumpalan darah di rahim Anda
  • perdarahan terlalu banyak atau terlalu lama
  • infeksi
  • Reaksi alergi terhadap salah satu obat

Masalah-masalah ini tidak umum. Dan jika itu terjadi, biasanya mudah dirawat dengan obat atau perawatan lain.

Dalam kasus yang sangat langka, beberapa komplikasi bisa sangat serius atau bahkan mengancam jiwa. Segera hubungi dokter atau pusat kesehatan jika Anda:

  • tidak mengalami pendarahan dalam waktu 24 jam setelah minum obat kedua (misoprostol)
  • mengalami pendarahan hebat dari vagina Anda yang meresap melalui lebih dari 2 bantalan maxi dalam satu jam, selama 2 jam atau lebih berturut-turut
  • bekuan besar (lebih besar dari lemon) selama lebih dari 2 jam
  • menderita sakit perut atau kram yang tidak membaik dengan obat pereda nyeri
  • mengalami demam 100,4 atau lebih tinggi lebih dari 24 jam setelah minum misoprostol
  • memiliki kelemahan, mual, muntah, dan / atau diare yang berlangsung lebih dari 24 jam setelah mengonsumsi misoprostol

Anda harus mulai merasa lebih baik sehari setelah aborsi. Merasa mual, muntah, diare, sakit perut, atau demam selama lebih dari 24 jam setelah minum misoprostol (pil kedua) dapat menjadi tanda infeksi.

Hubungi dokter atau perawat Anda segera jika Anda memiliki gejala-gejala tersebut. Masalah serius dapat menyebabkan kematian sekalipun ini jarang terjadi, karena aborsi biasanya sangat aman.

Faktanya … kehamilan dan persalinan lebih banyak mengandung resiko daripada tindakan aborsi.

Jika Anda mengalami komplikasi selama minum obat aborsi, Anda mungkin harus kembali ke dokter atau pusat kesehatan. Jika Anda masih hamil, dokter atau perawat Anda akan mendiskusikan pilihan Anda dengan Anda. Anda mungkin memerlukan dosis obat lain atau melakukan aborsi di klinik untuk mengakhiri kehamilan.

Seperti semua obat, pil aborsi tidak tepat untuk semua orang. Pil aborsi mungkin tidak tepat untuk Anda jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau minum obat tertentu.

Apakah obat penggugur kandungan memiliki efek samping jangka panjang?

Pil aborsi benar-benar aman dan efektif. Ini adalah cara yang sangat umum untuk melakukan aborsi, dan jutaan orang telah menggunakannya dengan aman.

Kecuali jika ada komplikasi yang jarang dan serius yang tidak diobati, tidak ada risiko bagi kehamilan masa depan Anda atau bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Melakukan aborsi tidak meningkatkan risiko kanker payudara atau memengaruhi kesuburan Anda. Itu tidak menyebabkan masalah untuk kehamilan di masa depan seperti cacat lahir, kelahiran prematur atau berat lahir rendah, kehamilan ektopik, keguguran, atau kematian bayi.

Masalah emosional jangka panjang yang serius setelah aborsi jarang terjadi, dan jarang terjadi setelah melahirkan. Mereka lebih mungkin terjadi pada orang yang harus mengakhiri kehamilan karena alasan kesehatan, orang yang tidak memiliki dukungan sekitar keputusan mereka untuk melakukan aborsi, atau orang yang memiliki riwayat masalah kesehatan mental. Kebanyakan orang merasa lega setelah aborsi.

Mengapa banyak orang menggunakan obat penggugur kandungan ?

Jenis aborsi yang Anda pilih semua tergantung pada preferensi dan situasi pribadi Anda. Dengan obat aborsi, beberapa orang seperti Anda, tidak perlu memiliki prosedur di kantor dokter.

Anda dapat melakukan aborsi obat di rumah sendiri atau di tempat lain yang nyaman sesuai pilihan Anda. Anda harus memutuskan dengan siapa Anda ingin bersama selama aborsi, atau Anda bisa melakukannya sendiri.

Karena obat aborsi mirip dengan keguguran, banyak orang merasa itu lebih “alami” dan kurang invasif.

Dokter, perawat, atau konsultan kesehatan Anda dapat membantu Anda memutuskan jenis aborsi yang terbaik untuk Anda.

Bagaimana saya bisa mendapatkan obat penggugur kandungan ?

Anda bisa mendapatkan pil aborsi dari dokter, perawat, klinik kesehatan, atau berbagai pusat kesehatan dan apotek dengan resep dokter).

Hubungi  Call/WA 0813-8111-1809 jika Anda ingin mendapatkan obat penggugur kandungan asli secara cepat dan bisa melakukan konsultasi gratis seputar masalah Anda.

Di mana saya bisa mendapatkan obat penggugur kandungan ?

Anda bisa mendapatkan pil aborsi di pusat kesehatan seperti apotek dengan resep dokter).

Ketika mencari tempat untuk melakukan aborsi, waspadalah terhadap klinik aborsi palsu. Klinik palsu ini tampak seperti pusat medis yang menawarkan aborsi atau pilihan kehamilan lainnya, tetapi sebenarnya dijalankan oleh orang-orang yang ingin menakut-nakuti atau membuat malu orang melakukan aborsi.

Tergantung di mana Anda tinggal, mungkin ada batasan usia atau masa tunggu untuk melakukan aborsi. Anda dapat bertanya tentang hal ini ketika Anda menghubungi dokter atau pusat kesehatan Anda.

Berapa harga obat penggugur kandungan ?

Pil aborsi dapat menelan biaya mulai ratusan ribu rupiah atau lebih, tergantung dari masa kehamilan Anda.

Aborsi Anda mungkin saja gratis atau berbiaya rendah jika Anda memiliki asuransi kesehatan. Tetapi kebanyakan penyedia asuransi biasanya tidak mencakup tindakan aborsi. Anda dapat menghubungi penyedia asuransi Anda secara langsung untuk mengetahui kebijakan mereka.

Apakah saya harus berusia di atas 17 tahun untuk mendapatkan pil aborsi?

Kami menyambut pasien dari segala usia, semuanya tergantung pada apa alasan Anda melakukan pengguguran janin.

Apakah saya harus memberi tahu orang tua tentang penggunaan pil aborsi ini ?

Anda mungkin perlu memberi tahu orang tua atau wali hukum jika Anda berusia di bawah usia tertentu. Kami dapat membantu Anda dengan proses ini. Beri tahu kami saat Anda menelepon!

Apakah Anda akan memberi tahu orang tua saya bahwa saya melakukan aborsi?

Kami merekomendasikan agar remaja melibatkan orang dewasa yang tepercaya dalam keputusan mereka untuk melakukan aborsi jika memungkinkan.

Kami senang membantu Anda memberi tahu orang tua Anda jika Anda menginginkannya. Ketahuilah bahwa status berbeda-beda pada persyaratan hukum tentang kapan orangtua harus terlibat.

Secara keseluruhan, pengalaman Anda akan tetap dirahasiakan. Kenyamanan dan keamanan Anda adalah prioritas utama kami.

Bisakah saya hamil lagi setelah minum obat aborsi?

Penelitian telah membuktikan bahwa kebanyakan orang dapat hamil lagi hanya dalam waktu 2 minggu setelah minum pil aborsi. Staf kami dapat membantu Anda membuat rencana keluarga berencana untuk masa depan Anda.

Informasi lain terkait seputar obat penggugur janin

jamu penggugur kandungan, makanan penggugur kandungan, ramuan penggugur kandungan, pil penggugur kandungan, penggugur kandungan alami , penggugur kandungan terpercaya, penggugur kandungan jakarta, cara menggugurkan kandungan

20+ Panduan Lengkap Obat Penggugur Kandungan Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Aborsi
Scroll to top